top of page
  • Writer's picturepalbsubsgratsoftbu

(PDF) Musthalah-Hadits | Fathnur Rohman - Academia.edu[^2^]



Mempelajari ilmu hadits itu adalah perkara yang tidak mudah, beberapa kitab karangan ulama ulama terdahulu terkadang sulit untuk dipelajari karena metode penyampaian dan tata bahasanya yang tinggi membutnya menjadi kitab hadits yang perlu penjelas (syarah).


Sesuai judulnya. Kitab ini berisi berbagai pembahasan tentang Ulumul Hadits. Dimulai dengan sejarah penulisan hadits, dan pembukuan hadits. Kemudian dilanjutkan dengan pembahasan musthalah hadits secara rinci.




kitab musthalah hadits pdf download



Ilmu hadits dirâyah, meski tidak terlalu banyak dikaji sebagaimana halnya ilmu hadits riwâyah, sangat penting untuk menimbang apakah suatu hadits itu benar bersumber dari Rasulullah atau tidak, atau bisa saja ia hadits palsu, atau bahkan tidak bersumber sama sekali. Nah, ilmu hadits dirâyah inilah yang juga kita kenal dengan nama ilmu musthalah hadits.


Dr Mahmûd Thahhân menyebutkan, setelah Ia menelisik beberapa kitab klasik dalam ilmu hadits memang hampir serupa dengan kedua kitab di atas, Mukaddimah Ibn Shalah dan at-Taqrîb an-Nawawi, yakni pembahasannya tidak komprehensif mencakup ilmu hadits; sebagian lainnya tidak tersusun secara sistematis. Hal tersebut dapat dimaklumi, di antaranya karena pembahasan yang panjang itu sangat diperlukan pada masanya, dan penjelasan yang sangat pendek itu telah jelas sehingga tidak disajikan secara tuntas, atau karena faktor lain yang tidak diketahui.


Kitab Taisîr Mushthalah al-Hadîts disusun secara sistematis dan berurutan. Diawali dengan definisi secara bahasa dan istilah, penjelasan dari definisi, syarat dan hukumya, bagian-bagiannya, contoh-contohnya, dan kitab terkenal dalam topik itu. Susunan yang sistematis ini membuat para pelajar tidak jenuh dan ringan dalam memahami pemetaan ilmu musthalah hadits.


Kendati sangat sistematis dan rapi, kitab ini mungkin membosankan bagi sebagian orang yang lebih menyukai bentuk narasi-narasi deskriptif dibanding poin-poin intisari dari sebuah topik pembahasan. Hal tersebut dapat dimaklumi karena kitab ini disusun untuk pelajar pemula, adapun yang sudah melewati masa permulaan, dapat membaca langsung ilmu musthalah hadits seperti Mukaddimah Ibnu Shalah atau at-Taqrîb an-Nawawi, yang pada keduanya ada sebagian topik yang tidak disinggung secara komprehensif di Taisîr Musthalah Hadits.


Kitab Minhatul Mughits ini menjelaskan tentang dasar-dasar dalam Ilmu Hadits Dirayah (Ilmu Musthalah Hadits), yang mana ilmu hadits sendiri terbagi menjadi 2 bagian, yaitu Ilmu Hadits Dirayah (Musthalah Hadits) dan Ilmu Hadits Riwayah, lebih jelasnya bisa dilihat sendiri pada isi kitabnya.


Karena Kitab Minhatul Mughits ini adalah kitab ringkasan, maka ada beberapa pengertian dari macam-macam hadits yang tidak disertai dengan contoh haditsnya. Nah, jika berkenan silahkan kunjungi link berikut ini untuk mengetahui contoh-contohnya agar lebih memudahkan pemahaman, terima kasih : Kumpulan Materi Ilmu Hadits.


Dengan tibanya era digital, maka semua didigitalkan (digitalised) termasuk kitab kuning. Kitab kuning digital bisa saja dalam dengan cara ditulis kembali secara manual dalam format MS Word (doc, docx), dan pdf. Bisa juga dalam dengan cara discan dalam format pdf atau djvu. Anda dapat mendownload kitab-kitab kuning digital tersebut di sini secara gratis tanpa perlu ijin. Semoga bermanfaat.


Berikut terjemahan kitab-kitab yang biasa dikaji di pesantren salaf meliputi berbagai bidang studi seperti fikih, tasawuf, akhlak, tafsir, hadits, tarikh, dan lain-lain. Kitab dibagi menjadi dua jenis yaitu kitab dasar dan tingkat lanjut. 2ff7e9595c


1 view0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page